Jasa Anti Rayap di Cawang Jakarta Timur
Jasa Anti Rayap di Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan

Jasa Anti Rayap di Cililitan Jakarta Timur

 Jasa Anti Rayap di Cililitan Jakarta Timur

Rayap sebenarnya termasuk binatang purba karena sudah ada sejak 200 juta tahun silam,di duga lebih tua manusia. Rayap sangat di kenal karena di anggap sebagai hama perusak kayu atau hama perkebunan di daerah jawa,mereka dikenal dengan sebutan rangas, ditempat lain disebut rinyuh/sumpiyuh (sunda),Hampang (batak),Anai-anai (melayu),atau termite (inggris).

Menurut kamus besar bahasa indonesia,Rayap adalah jenis serangga (seperti semut) berwarna putih,yang memakan kayu (selulosa). Selulosa adalah senyawa organik yang paling disukai rayap,sekitar 33% dari semua materi tanaman adalah selulosa.

Makanan utama mereka selain selulosa pada kayu juga selulosa yang terdapat pada sabut kelapa,rumput,kertas,karton,tekstil, dan kulit-kulit tanaman mereka juga mengkonsumsi jamur sebagai bahan makananya. Kelompok rayap dari sub-famili mastotermitinae (famili termitidae) membudidayakan jamur termitomyces (basidiomycetes) dalam koloninya,jamur ini dimakan oleh anggota koloni yang masih muda. Rayap juga ada yang mengkonsumsi tanah yang mengandung mineral,karbohidrat,mikroorganisme tanah dan polyphonelic. Sekitar 60% dari famili termitidae mengkonsumsi tanah sebagai bahan makanannya.

Karena perilakunya yang mirip dengan semut,rayap sering di sebut juga semut putih (white ant) penampilan mereka memang mirip semut,tetapi perbedaannya cukup banyak semut merupakan salah satu musuh dari rayap.

Jasa Anti Rayap di Cililitan Jakarta Timur

Perbedaan rayap dan semut antara lain :

  1. Dari segi sistematika/filogenetika semut mendekati golongan lebah,sehingga kedua golongan ini dicakup dalam ordo hymenoptera (bersayap selaput) sedangkan rayap termasuk dalam ordo isoptera (bahasa yunani,”iso” berarti sama dan “ptera” berarti sayap) nama ini mengacu pada kasta reproduksi dimana meraka memiliki sepasang sayap dengan bentuk dan ukuran antara sayap depan dan sayap belakang yang sama.
  2. Dari perilaku hidupnya,semut mencari makan di daerah terbuka,sedangkan raryap sebaliknya. Mereka selalu membawa tanah dan membangun tabung lumpur ke permukaan dan kedalam kayu di mana mereka makan untuk mempertahankan kelembaban dan untuk melindungi mereka dari predator.
  3. Perkembangan hidup mereka melalui metamorfosa hemimetabola,yaitu secara bertahap,yang secara teori melalui stadium (tahap pertumbuhan) telur,nimfa dan dewasa pada semut,perkembangan hidup mereka melalui holometabola,yaitu melalui tahap-tahap pertumbuhan telur,larva,nimfa dan dewasa ( alates dan pekerja yang tak bersayap).

Ciri-Ciri Rayap :

Rayap hidup berkoloni dan setiap koloni terdiri dari tiga kasta (golongan),yaitu kasta pekerja,kasta prajurit/tentara dan kasta reproduktif (laron/alates). Kita bisa mengenali rayap dengan melihat ciri fisiknya.

  1. Kasta pekerja berbentuk kecil,berwarna putih,mereka bertugas mencari makanan untuk menghidupi seluruh koloninya. Sekitar 80%-90% populasi koloni mereka merupakan kasta pekerja. Kasta pekerja inilah yang melakukan kerusakan pada aset-aset milik manusia dan bahan berlignoselulosa lainnya.
  2. Kasta prajurit berwarna kemerahan mempunyai kepala besar dan bercapit,mereka bertugas melindungi koloninya dari predator atau perusak sarang mereka.
  3. Kasta Reproduktif (laron/alates) adalah rayap yang mempunyai sayap,yang nantinya akan menjadi ratu dan raja. Ratu mereka mempunyai tubuh yang besar dibagian perutnya dan tugasnya hanya bertelur.

Perilaku Rayap

Rayap mempunyai sifat dan perilaku yang sangat berbeda dibanding dengan serangga lainnya,antara lain :

  • Saling menyuapi atau tropallaxis perilaku saling menyuapi atau tropalaksis adalah transfer material (makanan,senyawa kimia,dan protozoa) dalam satu koloni,melalui mulut (stomadeal)atau melalui anus (proctodeal) perilaku ini merupakan perilaku yang penting,karena kasta prajurit dan kasta reproduktif (ratu dan raja) tidak bisa mencari makan sendiri,sumber makanan mereka diperoleh dari kasta pekerja.
  • Senang bersembunyi atau cryptobiotik,mereka sangat peka terhadap cahaya sehingga menyukai tempat yang gelap,terlindung dari cahaya dan sinar matahari.
  • Mengembara atau foraging mereka suka mengembara untuk mencari makan secara continue dan dilakukan secara acak.
  • Kanibalistik yaitu memakan induvidu lain yang sakit atau lemas.
  • Neurophagy yaitu memakan makanan bangkai induvidu lainnya.

Sistem Komunikasi Rayap

Rayap mempunyai sistem pelihatan yang buruk bahkan mendekati buta,mereka berkomunikasi melalui suara dan senyawa kimia.

Organ Sensor Rayap

Rayap mempunyai beberapa organ sensor,yaitu :

  • Mulut,sebagai pengecap rasa.
  • Feromon,yaitu senyawa kimia yang dikeluarkan oleh tubuh mereka yang digunakan untuk peringatan apabila ada musuh,peringatan ada sumber makanan,pembangunan sarang dan perkawinan.
  • Antena berfungsi mendeteksi feromon serta sumber air/kelembaban.

Jika Anda membutukan Perusahaan Jasa Anti Rayap Hubungi PETRO di 0812-1330-0043 (Telpon/Sms) atau 021-7871417 (Kantor).

Cakupan Pelayanan PETRO :

Jakarta (Jakarta Timur,Jakarta Selatan,Jakarta Barat,Jakarta Pusat,Jakarta Utara),Bogor,Depok,Tangerang,Bekasi (JABODETABEK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: Undefined index: cresta_whatsapp_chat_click_to_close in /home/topceerc/public_html/Petro.co.id/wp-content/plugins/cresta-whatsapp-chat/cresta-whatsapp-chat.php on line 421
Petro Jasa Anti Rayap
Send via WhatsApp
error: Content is protected !!